RUSIA- AS Roma hanya butuh memenangkan satu dari dua laga tersisa di babak penyisihan Grup G untuk mengantongi tiket ke babak 16 besar Liga Champions, musim ini.

Hal itu terjadi setelah tim berjuluk Serigala Ibukota itu berhasil mencuri tiga angka usai mengalahkan 10 pemain CSKA Moskow dengan skor tipis 2-1 di Stadion Luzhniki, Rusia, Kamis (8/11) dinihari WIB.

Dengan kemenangan itu, Roma telah mengoleksi sembilan angka dari empat laga, atau unggul lima angka dari CSKA. Itu artinya, Serigala Ibukota hanya butuh satu kemenangan lagi untuk tidak lengser dari urutan dua teratas, zona aman menuju babak 16 besar.

Pun, jaminan tiga angka untuk melenggang ke babak 16 besar, jelas bukan perkara mudah bagi Serigala Ibukota. Apalagi tim besutan Eusebio Di Francesco itu harus menjamu tim sekelas Real Madrid pada 27 November mendatang, sebelum melawat Viktoria Plzen bulan Desember.

Ditambah lagi dengan usaha Roma yang kesulitan bisa meraih kemenangan atas CSKA, dinihari tadi.

Bermain di Stadion Luzhniki, Rusia, Edin Dzeko dan kolega sebenarnya tampil mengejutkan lewat gol cepat Konstantinos Manolas di menit keempat. Ia sukses menceploskan bola lewat tandukan usai menyambut sepakan pojok Lorenzo Pellegrini untuk merubah papan skor menjadi 1-0. Tuan rumah yang ogah dipermalukan, balik menekan. Namun skor 1-0 tidak berubah hingga turun minum.

CSKA yang tidak ingin tampil tanpa angka di depan publiknya, berinisiatif melancarkan serangan sejak menit-menit awal pasca jeda.

Usaha itu akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-50. Adalah Arnor Sigurdsson yang sukses menjebol gawang Roma dengan memaksimalkan umpan Ilzat Akhmetov, sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Gol itu sontak membangkitkan rasa percaya diri tuan rumah yang kian gencar membangun serangan, demi membalikkan keadaan.

Keasyikan menyerang, CSKA justru menerima kerugian. Skema serangan balik kilat yang dilancarkan anak-anak asuh Di Francesco, memaksa bek CSKA, Hoerdur Magnusson harus melakukan pelanggaran keras.

Aksi itu pun membuat Magnusson harus menerima kartu kuning kedua dan meninggalkan lapangan. Roma pun berhasil memaksimalkan keunggulan jumlah pemain dengan mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-59, lewat aksi Pellegrini. Lepas dari kawalan pemain belakang CSKA, Pellegrini berhasil meneruskan umpan Bryan Cristante menjadi gol.

Selanjutnya, CSKA yang kalah jumlah, kian dibuat tidak berdaya. Tim besutan Viktor Goncharenko itu pun kerap gagal mengejar ketinggalan, meski berhasil menciptakan beberapa peluang. Walhasil, skor 2-1 untuk keunggulan Roma, bertahan hingga bubaran. Dengan hasil ini, CSKA wajib menang di dua laga tersisa jika tidak ingin tersingkir dari Liga Champions, musim ini. Selanjutnya, CSKA bakal menjamu Plzen pada 27 November mendatang, sebelum bertandang ke Madrid di bulan Desember. (junius/b)