TABLOIDBINTANG.COM - Investigator dari KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi), Ony Suryo Wibowo mengatakan pembongkaran black box Lion Air yang baru ditemukan tak membutuhkan waktu lama. Menurutnya, kegiatan (membongkar black box) itu bisa selesai hari ini juga. "Cepat, sehari insya Allah bisa," katanya pada Tempo, Kamis, 1 November 2018 di Posko Basarnas, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Basarnas dan tim gabungan telah menemukan black box pesawat Lion Air JT 610 di perairan Tanjung Karawang. Lokasinya sekitar 400 meter Barat Laut dari titik kordinat pesawat Lion Air JT 610 tujuan Jakarta - Pangkal Pinang itu hilang kontak.

Black box pesawat Lion Air JT 610 yang sudah ditemukan, yang merekam data aktivitas selama pesawat Lion Air itu mengudara, tidak dalam kondisi yang sempurna. "Tugel (patah)," katanya.

Ony pernah menyatakan bahwa untuk menganalisa data yang ada di dalam black box membutuhkan waktu yang lama. Bisa hitungan bulan hingga tahun. "Kami diberi waktu satu tahun (untuk menganalisis), tapi dalam jangka waktu satu bulan kami diwajibkan membuat preliminary report," ujarnya, Selasa, 30 Oktober 2018.

Dalam waktu satu bulan, katanya, KNKT berupaya mengumpulkan seluruh data. Isi laporan pendahuluan itu adalah mengenai fakta dan data yang telah ditemukan. Misalnya, apakah pilot sudah memenuhi lisensi, bagaimana kondisi cuaca, bentuk serpihan, hingga lokasi jatuhnya pesawat. "Mengapa kecelakaan terjadi, itu yang kami diberikan waktu satu tahun," kata Ony menyusul telah ditemukannya black box Lion Air JT 610 hari ini.

TEMPO.CO