TABLOIDBINTANG.COM - Di balik eksistensi seorang artis, ada andil seorang manajer. Manajer berperan penting untuk membentuk imej sekaligus mencarikan pekerjaan untuk artis yang bernaung di bawahnya. 

Salah satu manajer artis yang cukup dikenal di kalangan pesohor adalah Mario, atau akrab disapa Markoneng. Sosoknya akrab dengan media saat memanajeri almarhumah Julia Perez. Markoneng sering dimintai keterangan oleh wartawan saat Jupe terbaring sakit. 

Saat ini tak kurang dari tujuh artis ditangani Markoneng, di antaranya Sophia Latjuba, Ussy Sulistyawati, Richard Kyle, Ririn Ekawati, dan Miller Khan. Siapa sangka, sukses yang diraih Markoneng saat ini diawali sebagai asisten artis. 

"Dulu pernah ikut Eddies Adelia, Elma Theana, Rensi Milano. Yang paling lama sama Elma," kenang Markoneng, saat berbincang dengan tabloidbintang.com.

Markoneng kini menangani artis-artis papan atas. (Ari/tabloidbintang.com)

Markoneng kini menangani artis-artis papan atas. (Ari/tabloidbintang.com)

Pada 1999, Markoneng mulai meniti jalan sebagai manajer artis. "Pertama-tama itu ngurus Adjie Pangestu, Elma, terus bantuin manajemem Arzetti sekitar 7 tahun. Waktu itu ngebentuk anak-anak, kayak Fendy Chow, Kiki Farel, Aurelie," sebutnya. 

Dari sekian banyak artis yang pernah ditangani, diakui Markoneng, almarhumah Julia Perez paling membekas di hatinya. Lebih dari sekadar hubungan artis dan manajer, Markoneng sudah menganggap Jupe seperti keluarga.

"Sama almarhum itu sudah kayak sehidup semati. Sampai saat terakhirnya itu gue ada di sampingnya. Gue tahu kondisinya, ngedropnya, pokoknya banyak banget cerita pas sama almarhum," kata Markoneng. 

 (Instagram / @markonengjtown)

 (Instagram / @markonengjtown)

Salah satu pesan Julia Perez yang tetap dijalankan Markoneng hingga saat ini adalah tidak aji mumpung dalam menerima artis. Markoneng membatasi jumlah artis yang ada di manajemennya.

"Almarhum pernah pesan, nggak usah banyak-banyak megang artis. Kalau gue lebih ke feeling sama chemistry, sih. Kalau feeling gue oke, ya oke. Nggak harus ada nama," tandasnya. 

(ari/ari)