ITALIA- Inter Milan berhasil menahan imbang 1-1 Barcelona dalam laga babak penyisihan Grup B Liga Champion di Giuseppe Meazza, San Siro , Rabu (7/11/2018) dinihari WIB.

Hasil ini tidak mempengaruhi posisi Barcelona di puncak klasemen dengan mengemas nilai 10 dari empat laga sedangkan di bawahnya ada Inter Milan memiliki tujuh poin.

Tottenham Hotspur yang mampu mengalahkan PSV 2-1 membuka peluang dan berada di peringkat ketiga memiliki empat poin dan PSV di juru buncit karena hanya baru memiliku satu poin.

Tidak mudah bagi kedua tim mencetak gol. Buktinya baru di menit-menit akhir kedua gol tersebut tercipta.

Awalnya Barcelona unggul pada menit ke-83, namun mampu dibalas oleh tuan rumah pada menit ke-87 lewat gol kapten tim Mauro Icardi.
Sejak menit awal Inter Milan langsung menekan pertahanan Barca. Mereka ingin membalas kekalahan di leg pertama. Hanya saja yang mereka hadapi adalah Barcelona tentu sulit bagi Inter mencuri gol.

Bahkan menit ke-12, Barca nyaris unggul akibat kesalahan kiper Samir Handanovic . Tendangan gawangnya mengarah ke Ivan Rakitic dan pemain asal Kroasia itu langsung mengirim umpan kepada Luis Suarez di kanan. Suarez mengecoh pemain lalu melepaskan tembakan kaki kiri yang masih melesat tipis di atas gawang.

Barca meski hanya tim tamu beberapa kali mengancam Inter Milan. Seperti pada menit ke-22. Jordi Alba memberikan umpan lambung yang dikontrol Suarez dengan dada. Dengan cerdik, pemain asal Urugay melepaskan tembakan lambung untuk mengecoh Samir Handanovic yang bergerak maju. Tapi bola berakhir tipis di samping kanan gawang.

Barca terus menekan. Pada menit ke-30 Ivan Rakitic melepas umpan ke kotak penalti Nerazzurri namun bola dihalau pemain Inter dan jatuh di kaki Dembele.

Dembele melakukan gerak tipu dan menembak, namun bola malah mengenai Suarez di depan gawang. Bola liar coba disambar Rakitic, kali ini upayanya dihalau Stefan de Vrij ke luar lapangan.

Rupanya nasib baik belum berpihak kepada Barcelona. Banyak peluang tercipta namun tidak ada yang jadi gol sehingga babak pertama berakhir 0-0.

Memasuki babak kedua, Barca masih menebar ancaman yang terus membuat penonton di San Siro jantungnya berdetak kencang. Seperti di menit ke-52 tembakan Coutinho memaksa Handanovic melakukan aksi penyelamatan.

Tak lama berselang, giliran Rakitic membuang peluang. Mendapat umpan dari Suarez, meski sudah berhadapan langsung dengan kiper, namun sepakan gelandang Barcelona itu masih bisa diblok Handanovic.

Bola pantulan kembali ke arah Rakitic dan dioper ke tengah kotak penalti, yang lantas disambar Suarez ke dalam gawang. Tapi gol dianulir karena bola lebih dulu meninggalkan lapangan permainan sebelum disepak Rakitic.

Tidak mau diketan terus, Inter berbalik mengancam menit ke-65. Perisic menusuk di kiri dan mengirim umpan lambung yang ditanduk Matteo Politano. Hanya saja sundulan Politano melebar ke kanan gawang.

Lagi-lagi Barcelona kembali mengancam. Dembele melepaskan tembakan keras yang masih bisa ditepis Handanovic. Bola muntah lantas coba disambar Suarez di sudut sempit, tapi cuma mengenai samping gawang.

Usaha Barcelona membuahkan hasil di menit ke-83. Berawal ketika Coutinho melewati De Vrij, bola darinya dikuasai Malcom di sisi kanan. Di tengah tekanan dua pemain Inter, Malcom melepaskan tembakan mendatar yang menaklukkan Handanovic.

Gol itu justru menambah semangat pemain Inter Milan. Di sisa laga yang tingga tujuh menit, tuan rumah justru mengepung pertahanan Barca mencari gol penyeimbang. Tentu mereka yang tengah naik daun di Serie A Liga Italia itu tidak mau dipermalukan kedua kali ole Blaugrana.

Dan menit ke-87 akhirnya mampu mencetak gol penyeimbang. Ini akibat kesalahan Sergio Busquets yang gagal membuang bola dengan sempurna sehingga bola malah jatuh ke kaki Vecino. Vecino mencoba menembak dari depan kotak penalti, tapi membentur Clement Lenglet.

Bola liar lantas bergulir ke Icardi di tengah kotak penalti dan dengan sontekan ringan membuat bola bergulir di antara kaki para bek Barcelona dan Ter Stegen. Skor kini 1-1.

Tak ada lagi gol tercipta sampai pertandingan selesai.(b)