JAKARTA –  Suku Dinas Perindustrian dan Energi (PE) Jakarta Barat (Jakbar) menggelar pameran produk peserta pengembangan wirausaha baru (PWB). Event ini diikuti 105 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM).

“Saya senang dilatih dalam program pengembangan wirausaha baru. Semoga usaha kuliner saya bisa berkembang,” kata Nunung, pelaku IKM kepada Sekretaris Kota (Sekko) Jakbar, Eldi Adi saat kurasi dan fasilitasi perizinan IKM oleh Suku Dinas Perindustrian dan Energi (SDPE) Jakbar, Rabu (7/11/2018).

Eldi menjelaskan IKM memiliki peran strategis dalam perekonomian nasional serta mampu berkiprah dalam kancah Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Pelaku IKM dengan dibekali berbagai pelatihan, diharapkan kelak dapat mampu bersaing di manca negara termasuk di lingkup ASEAN,” katanya.

Kepala SDPE Jakbar, Ery Ghazali mengatakan pameran produk atau yang dikenal dengan istilah kurasi bertujuan mengetahui respon konsumen atas kualitas suatu produk agar mampu bersaing. Selain kurasi, petugas juga memfasilitasi perizinan bagi para pelaku IKM.

“Kurasi dan fasilitasi perizinan merupakan tahapan pendampingan dan perizinan setelah pelaku IKM dibekali pelatihan,” ujar Ery.

Kegiatan kurasi dan perizinan ini diikuti 105 peserta PWB. Adapun hingga awal November 2018, SDPE Jakbar melatih 1.278 peserta PWB untuk empat komoditi yakni makan minum, fashion, service handphone dan  kerajinan tangan. (rachmi/tri)