VIVA – Setelah sukses menggelar Festival Pesona Lokal di delapan kota, kini ajang serupa menyapa Ibu Kota Jakarta. Bertempat di area parkir selatan Gelora Bung Karno, Jakarta, Festival Pesona Lokal berlangsung meriah.

Acara dimulai dengan parade karnaval budaya dan dibuka langsung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dalam pernyataannya, Anies menyebut festival seni merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk menunjukkan banyak kreasi.

"Saya apresiasi acara ini, sehingga teman-teman kreatif memiliki kesempatan untuk menunjukan karyanya, dan yang tak kalah penting, ini kesempatan untuk pengembangan," kata Anies, di Senayan, Jakarta, Minggu pagi, 11 November 2018.

Anies yang mengenakan kaos putih bermotif ondel-ondel lengkap dengan celana jins serta sepatu kets terlihat antusias dengan pawai yang melintas tepat di hadapannya.

Festival Pesona Lokal

"Tadi kita saksikan karya-karya seni yang umumnya tidak kita lihat dalam keseharian, ini terobosan-terobosan yang kita butuhkan dan secara khusus sangat saya dukung karena acaranya tidak di satu kota saja. Jakarta terakhir dan paling besar," kata Anies.

Anies berharap ajang serupa bisa rutin dilakukan. Selain pawai karnaval budaya, Festival Budaya Lokal Jakarta menghadirkan lomba mural, lomba kreasi masakan daerah dan lomba UMKM pasar rakyat yang dikuti lebih dari 10 ribu peserta.

Kegiatan ini bertujuan juga untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata dan kearifan lokal suatu daerah yang juga dalam rangka memperingati HUT Adira Finance ke 28 tahun.

Ondel-ondel Betawi di Festival Pesona Lokal

Dirut Utama Adira Finace, Hafid Hadeli beserta Direktur Utama Adira Insurance, Julian Noor hadir membuka Festival Pesona Lokal Jakarta.

"Terima kasih kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya atas dukungan dan partisipasi yang luar biasa pada acara pagi hari ini. Jakarta merupakan kota penutup dari rangkaian 9 kota kegiatan Festival Pesona Lokal," kata Hafid Hadeli dijumpai di tempat yang sama.

Ondel-ondel Betawi di Festival Pesona Lokal

Acara Festival Pesona Lokal Jakarta dibuka oleh ratusan penari ondel-ondel, fashion show dari lini Nikocio yang diikuti lebih dari 7.500 peserta. Mereka mengenakan aneka macam baju adat dan alat musik tradisional, serta pertunjukkan seni khas budaya Betawi.

Pawai karnaval budaya tersebut akan melintasi Jalan Maltatuli, Jenderal Sudirman dan kembali ke area parkir Selatan GBK, dengan panjang rute kurang lebih 3,8 kilometer.